Jumat, 15 Mei 2015

Memilih bass bekas

Tidak semua gitaris ingin belajar bass tapi semua bassist dipastikan mempelajari gitar sebab dasar-dasar permainan gitar bass memang sama dengan gitar biasa. Karena itu ketika anda ingin menjadi seorang bassist mulailah dengan beli gitar biasa dan menguasai sampai anda dibilang handal. Setelah bisa menguasai permainan gitar biasa beralihlah segera ke gitar bass dengan memainkan lagu-lagu sederhana. Jangan langsung memainkan lagu rumit karena jari anda akan merasa syok dan beresiko mengalami cedera.

Memilih bass bekas

Tentu untuk berlatih memainkan lagu anda membutuhkan gitar bass, masalahnya gitar bass yang ada dipasaran cenderung dibanderol dengan harga mahal. Tapi tenang anda masih bisa membeli gitar bass second atau bekas yang masih lumayan ok. Lalu bagaimana cara melihat bahwa gitar bass itu masih bagus? Pertama lihat apakah neck atau leher bass bengkok atau tidak, lihat juga apakah bass itu ada truss rodnya (pelurus leher bass) dan apa masih berfungsi dengan baik? Biasanya hanya bass berbahan kayu saja uang memiliki truss rod yang letaknya didekat nut atau pick up.

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tune machine yakni tempat memasukkan senar bass yang ada pada bagian kepala bass. Tune machine yang bagus cirinya tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu kendor. Berikutnya yang harus diperhatikan adalah pick up, didalan ada dua pick up yaitu pick up neck dan bridge pick up. Pick up yang bagus tidak menimbulkan desis terlalu banyak. Terakhir yang harus diperhatikan adalah tone control (volume). Dibagian ini banyak terdapat komponen elektronik tapi yang paling penting adalah bagian penutup apakah terbuat dari alumunium foil atau tidak?jika tidak berarti belum memenuhi syarat bass yang bagus. Source : Yamaha Musik Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar