Selasa, 21 April 2015

Mudahnya menentukan materi ketika belajar otodidak



Belajar musik secara otodidak membutuhkan kejelian dan ketelatenan, kejelian dalam memilih materi dan ketelatenan dalam berlatih. Sebab tanpa guru yang mengawasi biasanya proses belajar akan menjadi terhambat sebab anda akan lebih malas berlatih. Apalagi ketika anda merasa tidak ada uang yang sudah dikeluarkan, tanggung jawab berlatih pun mulai menghilang dari diri anda.

Namun dibalik hal itu belajar secara otodidak memudahkan anda dalam menentukan materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu atau yang anda rasa penting. Hal ini tidak akan didapat jika memilih belajar ditempat kursus musik, sebab semua pelajar sudah ditentukan dalam silabus. Dan kebanyakan silabus kerap tidak sesuai dengan kebutuhan murid lantaran setiap orang mempunyai tingkat kebutuhan belajar yang berbeda-beda.

BACA JUGA : Belajar otodidak itu lebih flexible

Ketika belajar secara otodidak anda bebas memilih materi apa yang akan dipelajari diawal dan apa saja yang akan dilewatkan atau tidak dipelajari. Dengan begitu proses belajar anda bisa berlangsung lebih efektif alias tidak membuang-buang waktu. Belajar otodidak juga memberi anda kesempatan untuk menekuni satu teknik bermain musik secara mendalam.

Hal berbeda terjadi ketika berada dalam kursus musik, sebab biasanya guru tidak akan membiarkan anda berlama-lama dalam satu teknik. Maklum mereka juga dikejar oleh silabus dan evaluasi setiap tahun yang menunjukkan bagaiman kinerja mereka dalam membimbing anda. Sehingga proses belajar pun bisa berlangsung begitu cepat, dan bagi anda yang lamban tentu hal ini akan sangat menyulitkan.

Coba pertimbangkan kembali apakah anda benar-benar bisa mengikuti les musik dan apakah tidak terlalu memaksakan diri dengan biayanya? Jika terlalu memaksakan diri sebaiknya jangan, lebih baik alokasikan uang anda untuk membeli alat musik keyboard, drum, gitar atau instrument lain yang ingin didalami. Dijamin akan lebih memberikan manfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar